Senin, 23 Mei 2011

Kapal Perang Laksamana Panteleyev Mengunjungi Singapura dan Indonesia

Armada Penghancur Pasifik Rusia Laksamana Panteleyev akan mengunjungi Singapura dan Indonesia pada tanggal 16-27 Mei untuk ambil bagian dalam IMDEX-2011 pameran angkatan laut dan melakukan latihan bersama dengan angkatan laut Indonesia.

Pameran Pertahanan Laut Internasional (IMDEX) dua tahunan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2011.

“Kapal perang Rusia ambil bagian dalam pameran ini beberapa kali diwaktu lalu,” kata juru bicara armada Capt. 1st Rank Roman Martov. “Contohnya, rudal jelajah Rusia Varyag – kapal laksamana dari Armada Pacific – mengunjungi Singapura dalam kesempatan yang sama 2009”.

Laksamana Pantaleyev, sekelas penghancur Udaloy, akan tinggal di Singapura sampai 20 Mei sebelum berangkat ke Indonesia dimana mereka akan turut serta dalam latihan anti-perompakan bersama angkatan laut Indonesia.

“Selama kunjungan, kapal perang Indonesia dan Rusia akan mengadakan latihan gabungan anti perompakan,” Martov berkata sambil menambahkan bahwa misi simulasi akan melibatkan penyelamatan sebuah kapal tanker yang disandera oleh perombak.

Kapal penghancur Russia akan tinggal di pelabuhan Makassar di timur Indonesia pada tanggal 25-27 Mei 2011.

Admiral Panteleyev ikut serta dalam misi anti pembajakan internasional di pantai Somalia pada tahun 2009.

Kapal perang ini menangkap sebuah perahu mesin yang membawa 29 tersangka pembajak, diyakini terlibat dalam penyerangan yang gagal kru kapal tangker Rusia dengan rute menuju Singapura.

Kapal perusak juga berhasil mencegah penyerangan terhadap sebuah muatan kargo ketika menyertai sebuah konvoi enam kapal dagang.

Fleet = armada
Joint drills = latihan bersama
Cruiser missile = rudal jelajah
Flagship = kapal laksamana

Sumber : naval today

Tidak ada komentar: